Rabu, 15 Mei 2013

LEARNING FORM DATA


EXPERT SYSTEM

Definisi expert system

Expert system juga biasa disebut sistem pakar. Expert system adalah program komputer yang dirancang untuk memiliki kemampuan menyelesaikan masalah seperti human expert. Jadi expert system ini berperan layaknya seorang pakar dalam suatu sistem yang “nyata”.
Apa itu Expertise / kepakaran ???
Dalam mempelajari ilmu ini, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan expertise dalam ilmu ini.

Kemampuan kepakaran :
o Dapat mengenali (recognizing) dan merumuskan masalah
o Problem solver yang cepat dan tepat
o Menjelaskan solusi
o Belajar dari pengalaman (experience)
o Menentukan relevansi/hubungan
o Memahami batas kemampuan

Jenis-jenis pengetahuan yang dimiliki dalam kepakaran :
o Aturan dan prosedur yang mengacu pada area permasalahano
o
Aturan (heuristik) yang harus dikerja akan pada situasi yang terjadi
o Strategi global untuk menyelesaikan berbagai jenis masalah
o Meta-knowledge (pengetahuan tentang pengetahuan)o Fakta-fakta

Dari kedua spesifikasi tentang expertise, maka dapat kita simpulkan bahwa expertise itu berarti pemahaman yang luas dari pengetahuan spesifik yang diperoleh dari pelatihan, analisis dan pengalaman yang diperoleh saat menangani suatu pemasalahan.

Kategori Problema Sistem Pakar secara umum :
  1. Interpretasi – membuat kesimpulan atau deskripsi dari sekumpulan data mentah.
  2. Prediksi – memproyeksikan akibat-akibat yang dimungkinkan dari situasi situasi tertentu.
  3. Diagnosis – menentukan sebab malfungsi dalam situasi kompleks yang didasarkan pada gejala-gejala yang teramati.
  4. Desain – menentukan konfigurasi komponen-komponen sistem yang cocok dengan tujuan-tujuan kinerja tertentu yang memnuhi kendala - kendala tertentu.
  5. Perencanaan – merencanakan serangkaian tindakan yang akan dapat mencapai sejumlah tujuan dengan kondisi awal tertentu Debugging dan Repair – menentukan dan menginterpretasikan cara-cara untuk mengatasi malfungsi.
  6. Instruksi – mendeteksi dan mengoreksi defisiensi dalam pemahaman domain subyek.
  7. Pengendalian – mengatur tingkah laku suatu environment yang kompleks.
  8. Selection – mengidentifikasi pilihan terbaik dari sekumpulan (list) kemungkinan.
  9. Simulation – pemodelan interaksi antara komponen-komponen system.
  10. Monitoring – membandingkan hasil pengamatan dengan kondisi yang diharapkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar