Selasa, 14 Mei 2013

OTHER TECHNIQUES TO CAPTURE TACIT KNOWLEDGE

KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM 
Lecture : Leon Abdillah


BRAINSTROMING ( ELECKTRONIK BRAINSTROMING)

      Brainstorming adalah teknik daya cipta kelompok mendesain timbulnya banyak gagasan untuk latar belakang masalah, pada 1953 metode ialah populariz oleh Alex faickney osborn dalam bukunya mengadakan imajinasi terapan, osborn mengusulkan bahwa kelompok-kelompok bisa menggandakan hasil kreatif mereka dengan brainstorming. Walaupun Brainstorming sudah menjadi teknik kelompok populer, peneliti tidak menemukan bukti keefektifannya karena meningkatkan kuantitas atau kualitas gagasan yang ditimbulkan, karena masalah seperti itu sebagai selingan, sosial bermalas-malasan, kecemasan evaluasi, dan produksi yang bertahan, mendiskusikan kelompok-kelompok adalah sedikit lebih efektif daripada macam kelompok-kelompok lain, dan mereka sebetulnya lebih tidak efektif dari pada individu yang bekerja independently. Di encyclopedia daya cipta, tudor rickards, di pesertanya atas Brainstorming , meringkaskan kontroversinya dan menunjukkan bahaya conflate produktivitas di pekerjaan kelompok dengan kuantitas ideas.walaupun Brainstorming tradisional tidak menambah produktivitas kelompok-kelompok (sebagai diukur oleh jumlah gagasan menghasilkan), masih mungkin menyediakan keuntungan, seperti menaikkan semangat juang, meningkatkan kesenangan kerja, dan memperbaiki kerja tim, dengan begitu, banyak percobaan sudah terpaksa memperbaiki curah-gagasan atau memakai variasi teknik dasar yang lebih efektif. 

Jenis jenis Brainstromnig

  1. Verbal Brainstroming
  2. Nominal Brainstroming
  3. Elecktronic Brainstroming

Disini kit akan membahas Elecktronic Brainstroming

       Elektronik brainstorming adalah versi terkomputerisasi brainstorming teknik manual. Hal ini biasanya didukung oleh sistem rapat elektronik (Electronic Meeting System) tetapi bentuk yang lebih sederhana juga dapat dilakukan melalui email dan mungkin berbasis browser, atau menggunakan peer-to peer software. dengan sistem pertemuan elektronik, peserta berbagi daftar ide melalui Internet. Ide dimasukkan independen. Kontribusi segera menjadi terlihat untuk semua dan biasanya anonim untuk mendorong keterbukaan dan mengurangi prasangka pribadi.  EMS Modern juga mendukung sesi brainstorming asynchronous selama waktu yang lama serta tindak lanjut khas kegiatan di proses pemecahan masalah kratif  seperti kategorisasi ide, penghapusan duplikat, penilaian dan diskusi atau kontroversial ide diprioritaskan.


Elecktronik Brainstorming sendiri adalah bertukar gagasan/pikiran melalui media elektronik dalam sebuah kelompok media elektronik yang digunakan biasanya berupa tools seperti GSS (Group Support System). dikasus kami yaitu di KMS Sharing Culture di dinas sosial provinsi DKI Jakarat. Diharapkan dengan menerapkan metode atau teknik Elecktronic Brainstorm para anggota kelompok bisa bertukar pikiran dan memberikan pendapatnya kepada sesama anggotanya dengan menggunakan media elektronik seperti e-mail,browsing diinternet serta alat bantu seperti proyektor dll. agar bisa dengan cepat mengidentifikasi permasalahan yang ada,menentukan alternatif pemecahan masalah, serta mencari sebab-sebab terjadinya permasalahan yang ada di  KMS Sharing Culture di dinas sosial provinsi DKI Jakarat.

Metodenya

  • Tetapkan masalah
  • Membuat memo latar belakang
  • Pilih peserta
  • Buat daftar pertanyaan memimpin
  • Sesi melakukan
  • Proses
  • Evaluasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar